8 CARA DASAR TUTORIAL SERVIS LAPTOP

Permasalah laptop sekarang semakin semakin banyak dengan adanya laptop di pasaran. Haraganya juga relatif murah. Guna laptop baru dan second kita dapat memilih guna kualitas bagus. Barangkali istilah second lebih sesuai daripada kata bekas. Namun yang pasti melakukan pembelian laptop tidak mesti datang ke toko [penjual laptop tetapi bia lewat toko online. Pasti saja yang terdekat dengan tempat tempat anda. Contoh saja di yogyakarta, surabaya, jakarta atau bandung.

Pada kali ini saya akan membicarakan tentang trik dasar menganalisa kehancuran pada laptop secara detail. Ini tergolong tutorial gratis. Karena kamu tak butuh keluarkan duit atau melakukan pembelian ebook yang harganya seringkali berkisar antara 100 ribuan. Tetapi disini kamu bisa belajar tutorial service notebook sendiri.

Berikut fenomena yang timbul pada laptop dan solusi mula yang dapat di kerjakan guna mengatasi tantangan yang terdapat :

  1. Masalah pada lcd

Untuk lcd terdapat bebrapa fenomena yang seringkali terjadi. Diantaranya ialah gambar pulang menjadi putih semua, gambar bergoyang, gambar berkedip masa-masa buka tutup.

Solusi : guna masalah ini tidak terdapat hubungannya dengan motherboard sebab intinya da pada kabel lcd atau led. Pastikan kabel yang terhubung ke motherboard tidak terdapat debu, semut atau bahkan kotoran lain. Bersihkan dengan hati hati lantas pasang lagi guna yang terakhir ialah pakaiakan solasi atau isolasi pada kebel sampai-sampai benar benar menempel pada lcd. Kegunaannya untuk menghindari lepas atau kendor.

 

  1. Booting led nyala lantas mati lagi.

Maksudnya terdapat tanda bahwa laptop menyala tapi sebab kerusakan tersebut tidak sampai sejumlah detik mati lagi.

Solusinya : untuk permasalahan ini memang agak berat karena bersangkutan dengan papan induk. Lepas dan bongkar laptop lantas ambil processornya dan bersihkan. Bersihkan processor dan mainboardnya. Khususnya pada unsur fan atau kipas. Bila tidak sedikit debu dapat jadi sebab memang telah lama tidak di bersihkan. Lantas paang lagi pada motherboard. Bila maslah ini tetap hadir berarti memang terdapat masalah yang serius pada motherboard laptopnya.

 

  1. Lampu menyala ketika di nyalakan namun tidak hadir di layar

Cek apakah lcd masih bekerja dengan baik. Sambungkan laptop ke monitor beda atau jajaki dengan led kepunyaan cpu. Andai di sana hadir gambar berati lcd. Namun andai masih tidak nyala pun lcd aman dan berpindah ke ram. Lepas ram dan bersihkan. Pasang lagi dan test. Andai hasilnya tidak bertolak belakang di mungkinkan kehancuran pada mainboard.

 

  1. Nebook mati , ketika charger di pasang lampu indikator berkedip

Kasus ini luamayan menciptakan pusing. Periksa apakah charger bekerja baik atau tidak. Saya alami pada asus x101h laksana ini ternyata kualitas charger yang tidak bagus. Atau memang saat tersebut baterai benar benar dala mkeadaan berakhir sehingga terdapat waktu hingga 10% baterai terisi baru dia akan dapat nyala lagi. Namun andai tidak ada evolusi itu dengan kata lain penyebab utama ialah mainboard.

 

  1. Lcd kadang kadang berwarna putih atau mati setelah sejumlah menit

Saya pun bebrapa masa-masa lalu merasakan hal yang sama guna byon seri m31h ternyata yang bermasalah ialah kabel inverter. Yakni kabel yang di pakai pada lcd laptop lantas baru ke motherboard. Ganti dengan yang baru atau ceck apakah masih bagus atau tidak.

 

  1. Dvd atau optic tidak terdeteksi

Solusi guna maslah ini ialah lepas optc dan bersihkan konektor atau socketnya. Andai masih tidak dapat juga ,mungkin socket yang terdapat pada mainboard memang telah rusak.

 

  1. Dvd terdeteksi namun tidak dapat membaca

Kalau telah begini ganti opticnya lepas dvd dan ganti opticnya dengan yang lain

 

  1. Wi-fi tidak dapat akses internet.

Solusi:

  • Lakukan repair dengan cara “klik kanan icon wireless”, kemudian “klik repair pada winxp/repair and diagnosis pada winvista”
  • Klik kanan my computer, klik manage, klik services and aplication, klik services, klik wlan autoconfig pada winvista/ windows zero configuratin pada winxp, klik artikel stop, klik artikel
  • Untuk lebih memahami secara detail dapat menyimpulkan dari rekan teman yang bertukar pikiran tentang laptop di forum laptop.untuk memudahkan service siapkan perangkat alat yang bakal di pakai untuk service. Pun baca teknik service degnan teliti dan benar supaya nanti tidak menyisakan secrup atau baut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *