7 Makanan Khas Ambon yang Selalu Bikin Rindu

 

Berita Ambon – Apa yang terbersit di pikiranmu saat mendengar nama kota Ambon? Wisata yang indah, kuliner yang super enak, atau orangnya yang ramah-ramah dengan senyumnya yang super manis?

Semua memang terdapat di Ambon. Nah, bila kamu sedang berlibur di ibu kota Maluku itu, anda harus mencicipi sekian banyak kuliner lezat di bawah ini. Jangan hingga gak mencobanya ya!

1. Papeda dan ikan kuah kuning
Kamu belum dapat dibilang pernah ke Ambon bila belum mencoba santap papeda. Kuliner sangat khas ini dijadikan makanan utama, pengganti nasi, di Ambon. Rasanya tawar dan serupa lem, papeda diciptakan dari sagu.

Meski tawar, rasanya enak dan perutmu akan menikmati sensasi dingin. Kamu dapat menikmatinya dengan ikan kuah kuning. Tak susah mencarinya, sebab di masing-masing restauran atau warung menyediakannya.

2. Bagea, kue kenari, dan kue tumbu
Camilan-camilan khas Ambon ini gak boleh anda abaikan begitu saja. Teksturnya memang keras. Tapi, kamu dapat menikmatinya bareng kopi. Percayalah, anda akan ketagihan dengan rasa gurihnya.

3. Ikan asap
Kalau di Ambon, namanya lebih dikenal sebagai ikan asar. Biasanya ikan ini bertahan sampai sepekan, lho. Ada ikan tuna, cakalang, sampai tongkol.

Cara memasaknya juga unik. Ikan utuh dibumbui terlebih dahulu, ditusuk bambu, dan dibalut daun pisang. Kemudian, asapi sampai matang. Kamu dapat menemukannya di Pasar Mardika.

4. Sambal Colo-colo
Ikan asar dan sambal colo-colo adalahjodoh yang tepat. Sambal ini tercipta dari bawang merah, cabai rawit, tomat, dan jeruk nipis. Kemudian, diiris tipis dan dibaur menjadi satu wadah yang diberi kecap manis. Kamu dapat menambahkan daun seledri agar rasanya kian kuat dan sedap.

5. Nasi kuning Bagadang
Kelaparan tengah malam di Ambon? Jangan telepon McDonald’s atau KFC. Lebih baik anda pergi ke perempatan Tugu Trikora Ambon. Kamu bakal menjumpai kuliner malam yang dibuka sejak pukul 19.00 sampai 03.00 WIT.

Salah satu yang terkenal ialah nasi kuning Bagadang. Gurihnya gak terdapat yang menandingi. Kamu dapat menyertakan ikan, serundeng, acar, sambal goreng, sambal mentah, ayam goreng, perkedel, dan sebagainya. Siap begadang, deh!

6. Rujak Natsepa
Dari namanya, dapat dipastikan tempatnya berada di Pantai Natsepa. Sama laksana rujak manis pada umumnya. Rujak ini mengandung buah-buahan laksana kedondong, mentimun, pepaya, mangga, nanas, jambu air, belimbing, dan sebagainya.

Bedanya, terdapat potongan buah pala yang dibaur dengan irisan gula merah dan kacang tanah goreng. Kamu dapat menikmatinya usai berenang di Pantai Natsepa yang bening dan indah. Makin segar, deh.

7. Kopi Sibu-sibu
Kalau seringkali kamu suka minum teh jahe, kali ini anda harus mengupayakan kopi jahe alias rarobang. Kamu dapat menikmatinya dengan ketan yang diguyur parutan kelapa dan gula aren yang biasa dinamakan pulut siram, koyabu, embal kacang, dan getuk.

Nah, itulah 7 makanan khas Ambon yang mesti anda cicipi ketika menjejakkan kaki ke bumi Maluku. Mau santap apa dulu kita?