Perlukah Menggunakan Pelindung Layar Bagi Hape?

Grosir Anti Gores Medan –  Kalian barangkali sudah paling sering mendengar Gorilla Glass. Yaa, produk semacam kaca pelapis yang dirancang oleh Corning tersebut memang sudah paling terkenal dan dipakai oleh tidak sedikit sekali perlengkapan baik smartphone, tablet, ataupun perlengkapan lain untuk mengayomi layar.

Ia dikenal sebab mampu bertahan dari goresan dan benturan benda keras, meskipun sebetulnya Gorilla Glass bukanlah satu-satunya produk kaca pelapis pelindung layar, sebab masih terdapat produk lain laksana Dragontrail Glass dari Asahi yang pun dikenal mempunyai ketangguhan yang tak boleh diremehkan. Nah hadirnya kaca pelindung ini memang terbukti dapat menghindarkan layar dari goresan-goresan yang pasti akan menciptakan layar nampak tidak cantik lagi, serta dapat bertahan dari benturan pada level tertentu.

 

Jadi, dengan ketahanannya tersebut apakah anda tetap perlu untuk memakai screen protector alias pelindung layar pada perlengkapan yang telah dilapisi dengan Gorilla Glass / Dragontrail Glass? Kalau tersebut sih, opsi yaa. Tapi gini, saya perlu menyatakan sedikit tentang lapisan layar ini agar tak terdapat lagi dusta salah kaprah diantara kita.

 

Sebagian besar orang awam beranggapan bahwa perlengkapan yang sudah memakai Gorilla Glass atau Dragontrail Glass, berarti layar dari perangkat tersebut tidak bakal pecah atau tergores. Padahal, itu ialah anggapan yang paling tidak tepat.

Begitulah kira-kira perkataan yang tidak jarang dikeluarkan oleh mereka yang mendapati layar dari perlengkapan mereka ternyata “bisa” pecah walau sudah dilafalkan bahwa perlengkapan tersebut sudah memakai lapisan Dragontrail / Gorilla Glass. Mungkin kamu pun pernah berbicara demikian?

Jadi gini ya sodara-sodara…. Lapisan Gorilla Glass atau Dragontrail Glass pada layar perlengkapan memang akan menyerahkan perlindungan pada layar supaya tidak gampang pecah saat terkena benturan, serta tak gampang tergores oleh benda keras sampai-sampai layar bakal tetap nampak mulus dan enak dipandang. Tapi, lapisan ini melulu adalahlapisan tahan gores dan tahan pecah saat terjadi benturan, BUKAN tidak dapat tergores atau tidak dapat pecah. Sehingga, lapisan ini tetap akan dapat pecah atau tergores pada suasana tertentu.

Saya kasih tidak banyak bocoran nih.. Kaca-kaca pelapis ini memang dapat bertahan dengan goresan pisau ataupun cutter (saya telah pernah melihatnya sendiri), namun konon, mereka ini paling rawan tergores oleh pasir. Maka tidak boleh heran andai kamu mengejar goresan-goresan halus pada layar perangkatmu setelah anda bermain di pantai.

butiran pasir ternyata memang lumayan keras dan tajam untuk dapat menggores permukaan kaca pelapis yang biasa ditemukan pada smartphone tersebut. Tapi saya yakin, kalo hanya pasir doank tentu hatimu gak akan tergores kok. Ehehe.. Ehe.. He.. #Skip

Lalu kita berpindah ke soal benturan. Beberapa dari anda mungkin pernah mendapati bahwa layar hapemu ternyata langsung pecah saat jatuh dengan jarak yang tidak terlampau tinggi, tetapi waktu yang beda ada temanmu yang memberi pernyataan bahwa layar hapenya masih tetap mulus alias tidak pecah walau jatuh dari elevasi yang lumayan mengkhawatirkan. Padahal, jenis dan tipe dari kedua hape itu ialah sama, tapi mengapa yang satu terkesan paling lemah dan yang satu lagi terkesan paling kuat?

Perbedaan bagaimana suatu hape dijatuhkan ialah jawabannya. Iya, rata-rata hape bakal masih utuh layarnya andai ia jatuh dalam suasana mendatar, layar menghadap kebawah dan membentur lokasi yang datar pula. Itupun masih terdapat batasan elevasi tertentu. Dan seringkali hape pun akan dapat bertahan dalam suasana jatuh dengan sudut tertentu. Tapi, layar akan paling rawan guna pecah andai mengenai permukaan yang tidak rata, atau pas tentang sudut-sudut tertentu yang menjadi titik lemahnya.